Indah Patmawati

Indah Patmawati, Widyaiswara di P4TK PKn dan IPS. Lahir di Madiun, sebuah kota yang penuh sejarah dan terkenal dengan nasi pecelnya. Alamat di Jalan Parianom B4...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEMUA BERAWAL DARI DIRIKU

SEMUA BERAWAL DARI DIRIKU

Hari ke-27

Ini tentang sebuah gerakan yang mulai dirintis di sekolah. Gerakan fenomenal yang namanya Literasi.

Gerakan Literasi Sekolah. Gaungnya sudah terdengar mulai tahun 2015, memantul sampai ke pelosok negeri. Termasuk sampai juga ke sekolahku, SD yang dikategorikan 3T. Baru 'Ngeh' saat ini pelaksanaannya. Dan njilalah, aku diberi amanah untuk 'mandegani' gerakan itu di sekolah. Alhamdulillah.

Menengok bangunan fisik perpustakaanku, yang jauh dari layak. Kondisi buku-buku yang terbilang sangat sedikit. Aku memeras otak, bagaimana gerakan literasi ini bisa berdaya guna di sekolah. Bagaimana bisa membudayakan kebiasaan membaca pada siswa bila fasilitas yang ada sangat sederhana.

Bisakah mengubah kondisi ini agar lebih semarak dan mengena?

Kubuat sebuah slogan sederhana. "Semua Berawal dari Diriku"

Slogan yang kutujukan pada teman-teman guru. Sebelum semua program sampai pada siswa, maka guru adalah sasaran utamanya. Kubuat program dan kusosialisasikan pada saat rapat dengan semua guru. Ternyata semua mendukung, dan mau menerima konsekuensi. Bahwa semua guru harus membaca satu buku untuk satu Minggu. Tentu saja buku-buku ringan yang tidak melelahkan otak. Aku punya tujuan, buku yang dibaca guru ini nantinya akan diceritakan pada siswa. Guru boleh meminjam di perpustakaan sederhanaku, atau membeli sendiri juga boleh. Intinya guru harus membaca.

Kutarget sekitar satu bulan pembiasaan untuk guru. Setelah itu, baru pembiasaan ke siswa.

Jadi, guru harus punya budaya dulu membaca. Kalau gurunya sudah punya kebiasaan membaca, maka ketika menggerakkan literasi ke siswa akan lebih mudah. Tidak sekedar Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Tapi benar-benar Ing ngarsa sing tuladha.

Guru kan seharusnya begitu, tidak asal memerintah. Tapi juga memberi contoh.

Setuju nggak?

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search