Indah Patmawati

Indah Patmawati, Widyaiswara di P4TK PKn dan IPS. Lahir di Madiun, sebuah kota yang penuh sejarah dan terkenal dengan nasi pecelnya. Alamat di Jalan Parianom B4...

Selengkapnya
Navigasi Web
DATANGLAH DENGAN SENYUMAN

DATANGLAH DENGAN SENYUMAN

Hari ke-23

Setiap orang bisa berbeda-beda dalam meluapkan emosinya. Hal ini sesuai dengan karakter masing-masing orang. Ada yang tenang, santai, ada yang meledak-ledak tak karuan, ada yang seperti gergaji naik turun, dengan ritme teratur.

Pagi hari, datanglah ke sekolah dengan hati bahagia. Sebesar apapun permasalahan yang terjadi di rumah atau di keluarga simpan dulu dengan rapi. Ok?

Kalau aku, sulit melakukan seperti itu, mengatur emosi tak semudah membalik telapak tangan. Al hasil, datang ke sekolah dengan wajah kusut dan hati uring-uringan. Sekalipun wajah ditutup bedak setebal lima senti tetap tak bisa menyembunyikan hati yang galau. Akhirnya, siswa menjadi pelampiasan emosi.

Kesalahan siswa sedikit saja bisa menjadi masalah besar. OMG!

Aku sering lupa, bahwa siswa hanya ingin tahu gurunya manis, ramah, lembut, dan mendamaikan hati. Maklum namanya juga anak-anak, tak ingin diperlakukan kasar. Dan ingin belajar sambil bermanja pada gurunya. Iya to? Kalau gurunya smart, siswanya pasti akan lebih mudah mencerna apa yang disampaikan gurunya.

Di sinilah guru harus menguasai management qolbu. Bisa memilah mana yang pas dan tepat untuk disuguhkan di hadapan siswa mana yang nggak. Bukankah begitu?

Bukankah guru yang berhasil itu, adalah guru yang bisa tetap konsisten dengan tugasnya. Meski dia berada pada posisi sulit. Tanggung jawab tetap nomor satu. Tetaplah bisa tersenyum, hindari marah agar tak gampang keropos dan ambruk kayak pohon.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selain Ibadah, senyuman guru dapat membuat siswa menjadi nyaman dan antusias belajar ya, Bund. Sukses terus..

06 Feb
Balas

Benar SEKALI...tak berbayar tapi pahala nya gede

06 Feb

nice bunda...

06 Feb
Balas

Ma kasihhhh

06 Feb

Sepakat. Harus jadi aktor

06 Feb
Balas

Ho oohhh Bu....

06 Feb

Setuju

07 Feb
Balas
search